Kelakuan Auditor


Sebagian pembaca mungkin berpikiran Auditor adalah sosok yang tegas, cenderung galak, kaku, galak, serius atau apapun, pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Entah karena ada potensi terpendam, atau stress di akhir tahun yang relatif banyak penugasan misalnya Persiapan Test of Control/ TOC Internal Control Over Financial Reporting/ ICoFR (Sarbanes Oxley Act), kesibukan menyiapkan Workshop, Review Financial Statement, Internal Consulting, Audit Operasional, dan hal-hal memusingkan lainya. Beberapa personnil ditengah kesibukannya saling berbalas jokes lewat millis. Fenomena ini baru saya alami kali ini (selama 10 bulan bekerja di unit ini). Kejadian ini bagi saya cukup unik sehingga sayang jika tidak di dokumentasikan. Saya cuplik beberapa jokes saja yang relatif pendek dan menarik. Tanpa sensor saya melakukan reposting, mohon maaf jika ada kata dan kalimat yang kurang sopan, dan maaf juga jika ada kesamaan nama (jokes ini mungkin hanya fiktif belaka).

Hiburan #1

 

Ayam: Pi, aku benci banget sama manusia
Sapi: Memaang kenapa Yam?
Ayam: Masa aku baru makan beras sedikit aja udah diusir,ditendang…. Padahal mereka hampir tiap hari makan telor dan dagingku, sebel, benci, kesel, marah banget aku jadinya sama mereka
Sapi: “Mang kamu aja yang benci, aku mah lebih dari itu……..
Ayam:Memang kamu kenapa Pi?
Sapi: bayangin!!….kamu tau kan hampir tiap hari susu ku dipence-pencet2, diremas-remas, dan di elus-elus, tapi aku gak pernah dinikahin…sakitttttttttttttttttt bathinku Yam,mang dia pikir aku jablay apa!

Hiburan # 2

 

Arbi Purtowo adalah sopir antar jemput orang gila. Suatu hari saat mengantar beberapa orang gila, ban kendaraannya kempis, terpaksa dia harus mengganti dengan ban serep yang ada. Waktu sedang mengganti ban, dia tidak sengaja menendang 4 baut ke selokan dan hilang. Paniklah dia dan berteriak: “ya ampun…..gimana mesti masang ban kalo nggak ada bautnya”
Tiba-tiba salah satu orang gila dari dalam kendaraan nimpali: “Mas…copotin aja tuh masing-masing satu baut dari tiga roda yang ada, ntar kalo ada toko baut, tinggal beli deh tuh 4 baut….”
Arbi Purtowo langsung lega dan heran: “Bener juga …tapi kok kamu bisa masuk ke rumah sakit Gila sih…..”
Si orang gila menjawab sambil ketawa : “Heelllooooow, ….aku ini GILA tau, bukannya GOBLOG kayak kamu…”

Hiburan # 3

 

Pak Agus akhirnya jadi tempat curhat pak Adang. Dan pagi itu pak Adang cerita bahwa dia habis bertengkar dengan istrinya. Sebabnya sepele, dalam rangka menjalankan cost competitiveness, pak Adang “mengaudit” pengeluaran istrinya dan menyimpulkan ada pengeluaran yang tidak sepatutnya dan harus dihentikan. Istrinya tersinggung. berat. Terjadilah pertengkaran hebat.

Pak Agus: ”trus gimana akhirnya?”

Pak Adang: ”akhirnya istriku sampe merangkak mendatangi aku..”

Pak Agus: ”wah hebat, bener pak Adang, memang jadi suami harus tegas begitu, istri mah harus dikerasin, terus istri pak Adang bilang apa?”

Pak Adang: ”dia bilang: ayo kalo memang jantan, keluar kamu dari kolong ranjang!!!”

Hiburan # 4

 

Setelah ngobrol sama P Adang…..

P Adang:             “..sebenarnya saya nggak enak kalau ngomong…”

Forum diskusi:    “..nggak enak gimana?..”

Pak Adang:         “..nggak enak, P Tebe kan bos saya..”

Forum diskusi:    “..udah katakan saja..”

Pak Adang:         “..anu….kakek saya itu namanya Tatang..”

Forum diskusi:    “..ooohhhh..”

Hiburan # 5

Kakek dan nenek pak Adang suatu hari akan berangkat ke Paris karena memenangi suatu undian. Di imigrasi mereka telah mengisi semua pertanyaan yang ada dalam formulir kecuali satu, kolom SEX. Bingung harus mengisi apa. Malu pula kalau karus bertanya. Setelah berdiskusi, akhirnya mereka sepakat untuk jujur mengisi. Maka di kolom SEX itu mereka menulis: “kami sudah jarang melakukannya.”

Hiburan # 6

 

Untung pak Tebe gak tahu pengalaman saya waktu di Medan, jadi aman, tetap rahasia. Waktu itu, siang hari, sehabis makan di rumah makan Jamadi dijamu pak Swa, tiba-tiba perut saya melilit sakit. Celaka nih, pikir saya. Untung sudah berada di pertokoan mau beli oleh-oleh. Segera saya mencari toilet umum, untung ada, lumayan bersih dan terawat. Tanpa basa-basi masuklah saya ke salah satu WC yang ada di situ. Suasana sepi.

Selagi saya asyik BAB tiba-tiba dari WC sebelah ada orang bertanya: “Hallo apa kabar?”. Awalnya saya bingung, gak biasanya ada yang ngajak ngobrol di WC, tapi takut dikira gak sopan, saya jawab, “kabar baik !”. Eh dia nanya lagi: “Lagi ngapain?” Wah, nu gelo ieu mah, tapi saya jawab juga: “Ya ngapain lagi, samalah seperti yang situ lakukan.”
Karena risih, saya berusaha mempercepat proses BAB, eh tapi dia nanya lagi: “Boleh gak aku ke tempat mu?” Wah…ini sih udah kelewatan!” Tapi karena khawatir terjadi apa-apa, saya mencoba mengakhiri percakapan ini dengan cara yang sopan, saya jawab: “Nggak lah… sekarang ini saya masih sibuk.” Kemudian saya mendengar lagi dia bicara: “Eh, nanti telpon kamu lagi ya? Soalnya di sebelah ada orang sinting yang selalu ngejawab pertanyaanku.

Hiburan #7

 

Pak Adang Balik ti Semarang

Dina beus Bandung Semarang aya nini-nini diuk pahareup-hareup jeung Pa Adang
“Punten wae Encep, nini bade tumaros dupi encep teh Roy Marten tea ?

“Sanes nini Abdi mah Adang” tembalna

Sanggeus tepi ka Sumedang si nini nanya deui

“Leres Encep teh sanes Roy Marten?”

“Ituh disanes-sanes teh, Abdi mah Adang tembalna deui

Barang geus tepi ka Cicaheum, geus pok deui nini-nini teh nanya, “Encep teh leres Roy Marten nya?”

“Enya atuh, nini” tembalna, semu keuheul

“Tapi ceuk si nini, “naha nya Encep mah teu siga Roy Marten”

Hiburan # 8

 

Karena suntuk mikirin transformasi, pak Adang memilih ngambil cuti 3 hari untuk ngurusin kebunnya di kampung yang 4 hektar. Diperjalanan menuju kebun, pak Adang berpapasan dengan seorang gembala kambing. Terjadilah dialog (dialog aslinya pake bahasa sunda logat cililinan, diterjemahkan biar mudah dipahami)
Pak Adang (A): Kang, boleh nanya ga nih?
Gembala (G): Boleh..
A: Kambing-kambing nya sehat sekali. Akang kasih makan apa?
G: Yang mana dulu nih? Yang hitam atau yang putih?
A: Mmm…yang hitam dulu deh…
G: Oh, kalau yang hitam, makannya rumput gajah..
A: Oh.,kalau yang putih?
G: Yang putih juga…
A: Hmmmm….kambing-kambing ini kuat jalan berapa kilo Kang?
G: Yang mana dulu nih? Yang hitam atau yang putih?
A: Mmmm yang hitam dulu deh…
G: Oh, kalau yang hitam, 4km sehari..
A: Kalau yang putih?
G: Yang putih juga…
(Mendengar jawaban itu, pak Adang mulai kesal…..!!)
A: Kambing ini menghasilkan banyak susu nggak Kang per bulannya?
G: Yang mana dulu nih? Yang hitam atau yang putih?
A: (dengan kesalnya) yang hitam dulu deh..
G: Oh yang hitam banyak 100 liter per bulan.
A: Kalau yang putih?
G: Yang putih juga..
A: KANG KENAPA SIH SELALU NGEBEDAIN KEDUA KAMBING INI, KALO JAWABANNYA SAMA?
G: Oh begini pak. Soalnya yang hitam itu punya saya…
A: Oh, begitu Kang.. Maaf, kalo saya emosi.. kalo yang putih?
G: Yang putih juga…

 

One thought on “Kelakuan Auditor

  1. Wah ini baru kejahilan dalam bentuk tulisan, ada lagi kejahilan dalam bentuk perbuatan, yang kadang bikin muka dan telinga merah padam.
    Misalnya:
    1. Dalam satu rapat audit di Bekasi seperti biasa disajikan buah-buahan dan makanan ringan. Suatu saat, selesai sholat ashar sebagian peserta terheran-heran, karena hidangan yang tadinya masih tersisa banyak, tiba-tiba ludes. Setelah jam pulang dan kami berpamitan, Pak Dadi marah kalang kabut. Ternyata, ketika Pak Dadi akan memasukkan lap-top ke tasnya, tasnya sudah penuh dengan makanan dan buah-buahan. Siapa pelakunya??, masing-masing orang sudah maklum.
    2. Seperti biasa, kalau istirahat kita tinggalkan komputer dalam keadaan stand by. Merah padamlah muka kita ketika kita masuk screen saver kita sudah berubah jadi……gambar cabul……. Siapa pelakunya??, masing-masing orang sudah maklum.

Leave a Reply

