Bukti Potong Pajak!!! You are Shocking Me!!!!!!!!!


Guys, sudahkah melihat bukti potong pajak kalian? Beberapa perusahaan pemberi kerja pada akhir Januari sudah banyak yang membagikan form 1721-A1 atau Bukti Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21.

Sebagai pekerja yang hanya berpenghasilan dari satu perusahaan (kasian saya belum punya bisnis), bukti potong pajak ini adalah refleksi penghasilan saya selama setahun. Diantara kita mungkin tak memperdulikan bukti potong pajak ini. Bisa langsung kita buang (jika tidak lapor pajak), atau ya cukup di sebagai lampiran saat kita lapor pajak (hayo siapa yang gak lapor pajak).

Tahun 2011 ini bukan kali pertama saya mendapatkan Bukti Potong Pajak. Tahun ini adalah tahun keempat saya menerima Bukti Potong Pajak. Akan tetapi melihat bukti potong pajak tetap membuat saya terkejut.

Coba perhatikan bukti potong pajak anda, yang paling saya fokuskan adalah dua hal:
1. Jumlah penghasilan neto
2. Jumlah PPh yang telah dipotong dan dilunasi
Sudah dilihat? Jika belum mendapat bukti potong pajak, harap diperhatikan dua hal ini yah.

Kevalidan bukti potong pajak saya anggap valid, karena perusahaan saya (dan mungkin perusahaan kalin juga) mekanisme payroll telah melalui sistem informasi, begitu pula dengan data yang disajikan pada bukti potong pajak. Jadi setelah membaca, menimbang, dan memperhatikan dua item pada bukti potong pajak, hal yang tetap membuat saya terkejut adalah:
1. Rendahnya angka investasi (menunjukkan besarnya konsumsi yang tidak jelas). Bandingkan jumlah penghasilan neto, dengan peningkatan aset kita (misal perubahan saldo tabungan sekarang dan tahun lalu, dan aset-aset lainnya). Ternyata walau mengeluh merasa gaji kurang besar (dasar manusia selalu mengeluh), tetapi jika membandingkan penghasilan neto setahun dengan perubahan aset, nilainya sangat jomplang, berart masalah utamanya dalam pemanfaatan penghasilan.
2. Rendahnya berbelanja dijalan kebaikan. Maksudnya tentu pembaca sudah tahu bahwa hakikatnya harta kita adalah yang dibelanjakan dijalan Allah, misal zakat, infak, atau bantuan sosial lanniya. Coba kalkulasi secara kasar berapa besar kita telah berbelanja dijalan-Nya, apakah hasilnya sangat minim?Bandingkan dengan penghasilan kita setahun?
3. Lihat jumlah PPh yang telah dipotong dan dilunasi. Sorry, hal ini tetap membuat saya kecewa kepada para pengelola pajak. Setiap tahun ternyata besar sekali sumbangan kita untuk negara ini. Tapi ternyata…………(stop mencaci…hanya curhat).

Sudah melakukan analytical review terhadap bukti potong pajak kita? Apa hasilnya? Apakah membuat kita terkejut? Atau hasilnya baik dan reasonable dengan ekspektasi? Selamat untuk anda yang hasilnya reasonable dan tidak terkejut.

2 thoughts on “Bukti Potong Pajak!!! You are Shocking Me!!!!!!!!!

Leave a Reply

