ONE DAY FOR SOCIETY


Menjadi salah satu mimpi saya untuk mewujudkan akses masyarakat terhadap kesehatan semakin luas. Akan tetapi, karena saya fikir ini adalah niat mulia dan belum bisa saya gapai, maka akan saya sharing ke pembaca atas mimpi saya ini. Sebuah konsep relatif simpel dan mungkin belum dipraktekan oleh lembaga yang telah ada.

Saat ini terdapat beberapa lembaga kemanusiaan maupun lembaga zakat yang menawarkan pengobatan gratis. Sepanjang pengetahuan saya, untuk lembaga ZISWAF mereka mengumpulkan dana dari masyarakat untuk kemudian menyediakan prasarana kesehatan dan bekerjasama dengan dokter dan petugas kesehatan (mungkin dengan bayaran relatif kecil atau tetap bayaran profesional?). Akan tetapi saat ini titik pelayanan kesehatan tersebut belum banyak dan mungkin masih banyak masyarakat yang belum terlayani.

Konsep yang terpikirkan oleh saya adalah “One Day for Society”, saya ingin mengajak rekan-rekan dokter, bidan, perawat, dan petugas kesehatan, meluangkan satu hari dalam seminggu (mungkin jika masih keberatan satu hari dua minggu) dan berkelanjutan secara terus menerus, untuk menggratiskan biaya konsultansi dan biaya tindakan. Jika memungkinkan bisa mencari sponsor atau sumbangan obat-obatan dari perusahaan farmasi. Atau jika memberi resep menuliskan resep dengan obat generik.

Akan lebih baik jika beberapa dokter berkoordinasi dalam suatu klinik sehingga setiap hari bisa bergiliran “hari gratis”. Atau untuk yang mempunyai praktik sendiri “hari gratis” dalam tiap minggunya. Mungkin dengan membebas biayakan satu hari akan menghilangkan opportunity revenue. Akan tetapi alangkah mulianya jika ini di praktekan oleh rekan-rekan dari tenaga medis. Nantinya akan banyak titik pelayanan kesehatan yang dapat di akses oleh masyarakat luas yang kurang mampu.

Saya berharap ada rekan-rekan dokter dan tenaga medis lainnya yang rela mempraktekan hal ini, “One day for society”, untuk kemaslahatan bersama. Karena setiap orang berhak untuk mendapatkan kesehatan dan mengusahakan kesembuhan penyakitnya. Hope our dream come true.

Leave a Reply

