Berwisata, Bisnis, dan Study di Negeri Terbaik


Berjalan ditemani keindahan bunga tulip, udara yang bersih, langit biru tanpa polusi berarti. Itulah yang saya bayangkan dari Negeri Kincir Angin Belanda. Bukan angan semata imajinasi, angan ini merupakan kumulasi dari berbagai informasi mengenai keluarbiasaan negeri Belanda. Diimpikan banyak orang, saya, kamu, kita memimpikan singgah ke negeri Belanda untuk berwisata, untuk berbisnis, atau untuk menempuh pendidikan di Belanda-sebuah negeri yang masuk dalam 10 negara terbaik di dunia dalam berbagai macam hal.

Berwisata ke Belanda, ada banyak tempat fantastis yang bisa memanjakan kita. Mengunjungi taman hiburan keluarga di Walibi World, atau menikmati indahnya taman bunga Keukenhof. Ingin berwisata dengan history experince diantaranya ada Museum Heineken, museum yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, bangunan museum ini didirikan sejak tahun 1867.

Berbisnis di Belanda, ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Ekonomi Belanda tercatat sebagai negara industri yang stabil, tingkat pengangguran dan inflasi yang moderate. Belanda tercatat sebagai 5th in Digital Economy, 10th Most Competitive Country, dan ini salah satu yang penting 3rd in Tax Competitiveness. Belanda menawarkan platform yang ideal untuk perdagangan internasional, sehingga bisnis ekspor impor menjadi hal yang menjanjikan. Perdagangan internasional yang maju didukung oleh gateway utama yang didukung oleh teknologi canggih dan infrastuktur logistik yang mumpuni yaitu Port of Rotterdam dan Amsterdam Schiphol Airport. Rotterdam tercatat sebagai  largest container seaport di Eropa. Amsterdam Schiphol International Airport merupakan satu dari lima pusat cargo teraktif di Eropa.

Ini yang menurut saya faktor paling menentukan negeri Belanda selalu menjadi negara yang menempati jajaran bergengsi, yaitu faktor pendidikan. Persepsi saya dulu saat kuliah S1 menganggap bahwa Inggris dan Amerika adalah pilihan utama untuk melanjutkan study, kini perspektif itu bergeser, sekolah bagus tidak hanya ada di Inggris atau Amerika loh. Berdasarkan riset,  Belanda merupakan salah satu tempat terbaik untuk menempuh pendidikan. Tahun 2010, dalam hal kualitas pendidikan secara menyeluruh Belanda menempati peringkat ke delapan. Belanda pun menduduki peringkat ketiga dari segi keterjangkauan pendidikan, serta pertama dalam hal akses. Mau lebih jelas ini dia datanya:

Universitas di Belanda banyak yang tercatat sebagai universitas terbaik di Eropa maupun kelas dunia, saya ambil contoh Utrecht University dan Erasmus Rotterdam University.Utrecht University merupakan universitas di peringkat ke 11 di Eropa, No 1 di Belanda, dan ke 50 di dunia berdasarkan Shanghai Ranking of World Universities. Erasmus Rotterdam University adalah salah satu universitas ilmu ekonomi dan management terbaik di Eropa. Bahkan salah seorang professor meraih Hadiah Nobel untuk ilmu Ekonomi yaitu Prof dr. Jan Tinbergen. Universitas Erasmus juga menerima akreditasi dari tiga badan akreditasi pendidikan management internasional; AMBA, EQUIS, and AACSB. Cuma sedikit sekolah bisnis di Eropa yang memiliki triple akreditasi tersebut. Banyak tokoh ternama Indonesia ternyata alumnus Erasmus loh diantaranya Mohammad Hatta, Kwik Kian Gie, Soemitro Djojohadikusumo, Radius Prawiro.

Ya inilah negeri yang aman dan indah untuk dikunjungi, didukung oleh ekonomi yang kondusif, dan pendidikan berkualitas maka tak heran jika Belanda masuk dalam 10 negara terbaik di dunia dalam berbagai macam hal. Belanda….aku dan banyak orang di dunia akan mengunjungimu untuk membuktikan kemasyuranmu.

2 thoughts on “Berwisata, Bisnis, dan Study di Negeri Terbaik

  1. heii.. baca ini, jadi inget rumahku dulu di negeri kincir angin yang sering bikin aku masuk angin itu.. he.he.he..,

    • Hua senangnya mbak Ita mampir blog aku, dikomenin penulis terkenal rasanya gembira sekali. Tulisan ini dilombakan untuk kompetiblog yang hadiahnya shortcourse disana sayang gak menang, tahun depan akan coba lagi ikut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s