What is your style?


Bertas bermerk, atau berbusana masa kini dengan merk ternama juga, lengkap dengan gadget paling canggih. Berapa harga untuk sebuah kata style? Bisa dilihat untuk sebuah harga tas wanita merk ternama original bisa merogeh kocek jutaan rupiah bahkan bisa seharga mobil atau bahkan rumah. Menenteng dengan keren dan penuh gaya. Tuntutan profesi wanita karier, gaya hidup perempuan ibu kota, atau sebuah kepuasan tersendiri yang tak dapat dinilai harganya.

Memakai produk tiruan demi meniru gaya, apakah sebuah tindakan memalukan (dari sudut pandang pemakai loh, abaikan topik pelanggaran trade mark dan hak paten). Atau memakai produk biasa saja dengan merasa percaya diri tetapi tetap merasa risih karena tak mendapat pengakuan dari orang sekeliling.

Haruskah jika menemui relasi atau rekanan pejabat kita harus memaksakan diri dengan memakai busana yang bermerk dan mahal. Pembenaran apakah yang paling pantas? Pertama bahwa pengeluaran sesuai dengan fungsi income, jadi toh tak ada salahnya jika pengeluaran untuk merk pantas dikelurkan saat income tinggi. Pembenaran kedua, tak ada salahnya sedikit memaksakan diri agar diakui menjadi bagian dari komunitas. Pembenaran ketiga karena inilah gaya yang saya sukai “this is my style” (benarkah?)

Pernah membaca dalam sebuah buku, bahwa gaya kelas tinggi tak jauh berbeda dengan mengenakan pakaian militer, yaitu sebagai sebuah identitas dari sebuah kelompok. Tak diakui menjadi anggota militer jika tak berseragam militer. Tak diakui kalangan kelas tinggi tanpa fashion ber merk. Pernyataan yang cukup menggelitik, walau saya tak sepenuhnya membenarkan.

Saya sendiri menulis ini terinspirasi gara-gara ketidak sengajaan membeli tas aspal. Kalau dulu sempat meratapi dan ketidakyakinan gara-gara tas saya berwarna pink (lihat tulisan saya sebelumnya “Empat Tahun Bersamanya”, kali ini ke kurang pas-an membeli tas ini karena baru tersadar setelah membeli tas ini ternyata tiruan tas ber-merk. Urusan merk tas saya tidak terlalu mempertimbangkan, hal yang sangat diperhatikan adalah nyaman digunakan, serta berbahan yang cukup kuat. Hiuh kenapa saya sampai membeli tas dengan merek aspal  “X&X” (apa hayo merknya), jujur membawa nya saya sedikit malu, walo bahannya dan modelnya bagus sudah barang tentu orang akan tau ini adalah tas KW sekian. Bahkan pakai tas asli pun mungkin orang tak kan percaya saya bawa tas asli. Sudahlah akhirnya saya putuskan tidak bersu-udzon terhadap sekitar toh tas ini terlihat bagus dan nyaman saya gunakan, dan bukan karena ingin menyamai tas-tas bermerk.

Mungkin hal-hal yang bermerk dihargai mahal karena ekslusivitasnya serta didukung kualitasnya. Tak ada yang salah saat anda memutuskan untuk bergaya mahal dan selalu bermerk, atau sebaliknya cukup bergaya sederhana. Hanya perlu ditanyakan kembali nyamankah kita menggunakannya, apakah hal itu tidak terlalu meberatkan diri, adakah dampak sosial untuk sekeliling  kita. Tidak memihak yang memutuskan apapun, karena dunia tak akan seru tanpa warna-warni perilaku kehidupan setiap diri kita.

Jadi apa gaya anda sekarang? Gaya ku hari ini mungkin tak akan sama dengan esok hari. Berubah gaya bukan berarti tak konsisten. Tetap bergaya sama bukan berarti tak kreatif dan konservatif. Hanya saja yakinkah diri kita sendiri dengan gaya yang sedang kita gunakan? Well, saya sendiri sedang mencoba menjawabnya, Is it my style?

8 thoughts on “What is your style?

  1. pemirsa ternyata salah merknya wakakak gak perhatian ama tas sendiri, merk aspalnya buka X& X tapi GXXXXX ahhahah sama2 ada huruf G nya jadi salah liat

      • hooh saking keingatan terus sama KAP dua huruf jadi nulis x&X, merk barunya itu huruf X nya ada empat kan, udah bener berarti wkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s