TERWUJUD TANPA KAU SADARI


Lelah dengan kehidupan yang terasa stagnan.Semakin bertambah usia, semakin bertambah wawasan, pola pikir yang semakin luas, terkadang membuat kita semakin kompleks, bahkan kompleks untuk memahami diri sendiri. Saat kecil kita merasa banyak belajar, saat dewasa malah mungkin tidak banyak perkembangan yang dirasakan. Jika ukuran yang kita pakai adalah prestasi, pengakuan, mungkin membuat kita semakin tidak berarti.

Hei-hei tidak adil pada diri sendiri jika kita menyalahkan keadaan, menyalahkan diri sendiri atas “ketidakberkembangan” kita. Coba deh ingat-ingat sejenak ada banyak hal yang telah terwujud tanpa kita sadari sebelumnya. Mungkin selama ini kita anggap hal itu remeh temeh dan tidak berarti, tapi ternyata itu sudah memberikan makna bagi hidup kita sendiri, bahkan untuk keluarga, atau untuk orang-orang disekitar kita. Contoh sederhana misalnya saat kecil dulu saya pernah punya keinginan untuk bisa berbicara di depan umum. Mimpi yang sederhana karena saya bukanlah orang yang ceriwis untuk cuap-cuap di depan umum. Mimpi itu sering saya ingat tapi terkadang terlupakan. Akan tetapi entah kenapa menjadi terwujud saat saya kuliah, ya saya bisa berbicara walau hanya di sebuah lab dengan 10-15 orang. Hei tapi itu kan bisa dibilang di depan umum, saat itu yang terlintas tidak untuk mewujudkan mimpi berbicara di depan umum,tetapi untuk keinginan yang lebih luas misalnya karena ingin berbagi ilmu, pengalaman,dll. Walau terlambat sekarang saya sadari ternyata banyak hal-hal yang dulu kita mimpikan dan kini terwujud.

Mencoba mengingat hal-hal baik yang dulu kita impikan, melihat atas apa yang telah kita lakukan ternyata tanpa (atau terlambat) disadari ternyata banyak hal yang telah terwujud. Melalui cara atau mekanisme yang kita upayakan atau bahkan dukungan lingkungan yang tidak disangka ternyata membawa kita pada keberhasilan itu. Terus berkeinginan untuk keberhasilan diri, keberhasilan lingkungan dan sesama. Terus melakukan hal baik, terus mencari ilmu, terus mencari kebajikan, boleh lelah dan istirahat sejenak, tetapi tetap menikmati dan memaknai kehidupan ini, karena telah banyak hal yang terwujud dan banyak hal pula yang akan segera terwujud.

#hore hari ini saya berhasil menulis di blog.

2 thoughts on “TERWUJUD TANPA KAU SADARI

  1. Ah iya, luput menyadari, mimpi masa kecil itu sudah terwujud : Berbicara di depan umum.
    Saya awalnya ngga mengategorikan presentasi di depan kelas, atau cuap-cuap di depan kelas praktikum itu “berbicara di depan umum”, sampai baca tulisan ini hehehehe …
    Semoga suatu saat bisa bicara di ruangan yang lebih besar dengan pendengar yang lebih banyak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s