Be Relax


Pernah punya keinginan yang menggebu? Hal yang rasanya ingin diwujudkan segera. Segala cara kita upayakan, dengan penuh semangat bahkan dengan aliran darah yang mengalir kencang. Melihat sekitar sudah meraih hal serupa membuat hati ini semakin terpacu. Terlebih ada dorongan sekitar atau “kompor” untuk pencapaian tersebut.

Contoh sederhana adalah seorang anak yang sudah mengenal kata ambisi untuk meraih rangking satu, atau saat menjelang dewasa seorang anak gadis yang sangat ingin menikah, atau seorang ibu muda yang mendambakan memiliki momongan. Hal yang diinginkan diusahakan dengan sepenuh hati, sekuat tenaga. Benar bahwa manusia wajib berusaha, bahkan Sang pemilik alam berfirman bahwa Dia tidak akan mengubah satu kaum tanpa usaha kaum tersebut.

Setelah berusaha, kemudian melihat atas apa yang telah dicapai. Terkadang keinginan itu belum terwujud bahkan membuat kita tidak tahu kapan hal itu akan terwujud. Semangat yang awalnya membara, mulai mengendur bahkan berubah menjadi “stress”. Beragam reaksi tubuh bahkan telah memberikan “early warning” bahwa kita tidak “relax” lagi menjalaninya misalnya pusing, susah konsentrasi, sakit perut, dll.

Mudah memang menulis tulisan ini dibandingkan menerapkan dalam keseharian kita bahwa kita harus mengelola stress dengan baik. Pasrah dan ikhlas merupakan fungsi yang membuat kita lebih rileks dan tidak stress. Tiada yang salah dengan berusaha dengan sepenuh hati dalam menggapai keinginan, malah hal ini memang dianjurkan. Hal yang kita ingat adalah bahwa berusaha dan berdoa tidak selalu menghasilkan sukses, tetapi sebuah keniscayaan bahwa usaha dan doa menghasilkan tawakal. Be relax, hirup udara sejenak, dan semuanya akan baik-baik saja di tangan Nya.

4 thoughts on “Be Relax

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s