Sachet Economy vs Economies of Scale (Tinjauan Ibu-ibu Ogah Rugi)


Saat berbelanja adalah salah satu momen yang menyenangkan buat wanita, tapi sesaat setelahnya bisa jadi saat yang menyedihkan karena uang kita terkuras. Termasuk saat berbelanja kebutuhan rutin rumah tangga (beli sembako, alat mandi, dll) setelah beli-beli ini itu taunya jumlah yang dibayar cukup besar karena kita membeli dalam jumlah yang relatif banyak (untuk sebulan biasanya). Beli pasta gigi yang besar, beli juice karton yang besar,dll. Lantas mengapa tidak memilih kemasan kecil2/ sachet tapi dalam jumlah yang banyak?

Sering dari kita berpikir bahwa kemasan besar akan lebih murah. Hal ini menjadi salah satu aspek dalam Economis of Scale, kita mendapatkan penghematan karena berbelanja dalam ukuran lebih besar. Kita tidak membeli yang ukuran kecil/ sachet karena kita mampu membeli dalam ukuran yang besar. Barang-barang dalam kemasan sachet pun dibuat untuk memperluas pangsa pasar. Jika ada pangsa pasar yang potensial mempergunakan produk, tetapi daya beli relatif lebih rendah, maka barang dalam ukuran kecil menjadi solusinya. Hal ini membuat sachet economy populer di negara berkembang.

Saat kita mampu membeli barang dalam kemasan besar, lantas apakah itu berarti kita telah melakukan penghematan? Sebagian besar barang mungkin ya. Akan tetapi menurut saya ini belum tentu berlaku di semua produk. Pertama dari pola penggunaan, misal dengan ukuran besar cenderung menggunakan dengan lebih boros tanpa takaran. Kedua, tidak selamanya harga per unit yang besar lebih murah. Coba deh iseng ngecek harga satuan kecil jika dikalikan untuk menghasilkan kuantitas yang sama dengan satuan besar apakah lebih mahal atau lebih murah?

Saya sendiri pernah beberapa kali pengalaman iseng mengalikan harga ternyata harganya lebih murah atau sama. Hal terbaru saat saya berbelanja juice karton. Awalnya berpikir kemasan 1l akan lebih murah daripada kemasan 200ml, tetapi saya ragu khawatir juice 1l tidak cepat diminum setelah dibuka dan akan menjadi basi (ini menjadi pertimbangan pola penggunaan tadi). Untuk menguatkan keraguan saya coba mengalikan harga kemasan 200ml X 5 (untuk menghasilkan 1l), ternyata harganya hanya beda beberapa ratus rupiah saja, tetapi ternyata ada promo untuk kemasan kecil beli dua gratis satu. Wow jelas lebih untung kemasan kecil dong, selain itu kalo beli yang besar kan takut cepat basi. #mau beli juice aja ribet yah.

Hanya mengingatkan tak selamanya yang ukuran besar itu lebih murah, ada baiknya kita mempertimbangkan pola penggunaan, dan jika iseng mau mengalikan harga itu lebih baik. Walaupun penghematan tidak signifikan tetapi melatih otak kita untuk berhitungšŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s