Dokter yang Menyenangkan


Perjalanan dari persiapan hamil sampai melahirkan anak saya (Fatimah Almira Qirani) tidak lepas dari peran banyak orang, dokter kandungan salah satunya. Sampai melahirkan banyak rumah sakit dan dokter yang saya temui. Alasannya sederhana coba-coba dan mencari dokter yang menyenangkan. Banyak dokter pintar, terkenal belum tentu cocok untuk kita, walaupun memang referensi dan review dari orang sekitar dapat menjadi masukan. Jika tidak salah hitung ada 4 RS di Jakarta, 3 RS  serta 1Klinik Ibu dan Anak di Bandung yang saya datangi, total dokter 12 orang. Saya hamil Alhamdulillah kondisinya normal, tetapi karena anak pertama saya ingin mendapatkan banyak informasi dan juga tempat berbagi.

Kriteria dokter yang menurut saya “enak “ adalah :

  1. Sreg di hati (ini yang paling penting)
  2. Fokus melayani pasien
  3. Menerangkan hal-hal yang dianggap penting
  4. Sabar menjawab pertanyaan dari saya dan mau berbagi ilmu
  5. Memberikan nasihat medis dan psikologis
  6. Cekatan

 Disini saya berbagi review dokter kandungan yang menurut saya enak tanpa mengesampingkan dokter yang lain

Dokter di Jakarta:

  1. dr Botefilia, saya mendatangi beliau sebelum hamil rencananya mau program hamil. Tetapi saya hanya sempat satu kali kunjungan saja (karena RS bukan rekanan asuransi saya dan suami). Walau satu kali kunjungan saya bisa menyimpulkan beliau oke banget, alasannya beliau sangat keibuan dan memahami wanita yang ingin hamil. Penjelasannya detail, memberikan saran teknis, medis, dan psikologis. Pokoknya dokternya bikin adem tapi smart
  2. dr Mila Maidarti, hampir sebagian besar kunjungan dan cek kehamilan saya bersama beliau. Dokternya masih muda, yang menurut saya enak bersama beliau adalah dokternya membuat kita tidak sungkan untuk sharing dan bertanya banyak hal. Beliau juga tidak meminta tes macam-macam/ hanya yang basic. Selain itu dokter ini sangat fokus (mirip customer service melayani pelanggan :D). Oia saat memasuki trimester ketiga saya disarankan oleh rekan sejawatnya (dokter lain di RS yg sama) untuk cek fetomaternal di RS rujukan. Saat itu saya enggan cek fetomaternal selain karena relatif mahal, tes ini membuat dag dig dug khawatir kenapa2. Terus jika ditemukan sesuatu bagaimana tindakan yang akan diambil? Ya setelah sharing dengan beliau dengan bijak beliau menjelaskan perlu tidaknya cek tersebut, dan akhirnya menyerahkan kembali ke pasiennya kalo itu penting atau tidak, ya dan akhirnya saya memutuskan untuk tidak menjalani tes tersebut.

Dokter di Bandung; saya menemiu 6 dokter kandungan di Bandung, dokter yang sreg dengan saya yaitu:

dr Delle Heliani, bersama beliau saya hanya sempat satu kali saat kontrol dan saat melahirkan saya ditangani beliau. Dokter ini relatif sangat ramai jadi untuk urusan fokus agak kurang, karena di RS tesrsebut sekali masuk ruangan 2 orang, satu orang di kursi tunggu, satu orang diperiksa. Dokternya kesan awal tidak terlalu banyak penjelasan tetapi jika kita banyak bertanya beliau menerangkan dengan senang hati. Dokter ini sangat pro dalam kelahiran normal. Saat week 39 janin saya belum masuk jalan lahir beliau bertanya apakah saya rajin jalan, saya jawab ia kurang lebih 1.5 kilo, menurut beliau itu kurang coba jalan lebih banyak (sekitar 3km) dan harus jalan cepat. Oia untuk jalan cepat ini karena awalnya saya merasa jalan sudah cepat trik dari saya adalah berjalan mengikuti orang normal atau berjalan ditemani suami sehingga kita tau apakah sudah berjalan cepat. Alhamdulillah saat cek tanggal 25 janin belum masuk jalan lahir, tanggal 25 siang saya jalan cepat 2km, pagi dan sore tgl 26 saya jalan cepat juga dan setelah jalan sore tgl 26 langsung mules kontraksi. Alhamdulillah proses persalinan berjalan lancar.

Ya itu review dokter kandungan dari saya, tapi setiap orang tentunya memiliki preferensi tersendiri jadi ya belum tentu cocok bagi kalian, tapi mudah-mudahan ini bisa menjadi referensi bagi calon ibu semua.

Leave a Reply

