Rekam Medis Keluarga


Selama ini rekam medis dibuat dan disimpan di rumah sakit. Bahkan terkadang jika suatu waktu kita perlukan rekam medis ini relatif sulit untuk kita dapatkan. Padahal rekam medis merupakan properti kita, disitu tertulis mengenai kunjungan kita ke RS tersebut lengkap dengan diagnosa, obat yang diberikan, dll. Jika kita berpindah-pindah RS maka rekam medis kita menjadi tidak lengkap dan tersebar dimana-mana. Menurut saya pribadi rekam medis sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Hal ini terilhami dari catatan ibu hamil. Walaupun saya berganti-ganti rumah sakit dan dokter, akan tetapi satu buku ini saya bawa terus dan selalu minta diisi oleh dokter yang saya kunjungi.

Selain rekam medis saat hamil, saat ini saya juga rajin membawa buku tumbuh kembang anak setiap kali anak saya kunjungan ke dokter. Hal-hal penting seperti berat badan, tinggi badan, merk vaksin, diagnosa penyakit, obat, saran dokter saya minta isikan oleh dokter/ perawat. Hal ini sangat berguna terlebih jika anak alergi terhadap suatu obat. Tidak masalah bukunya terbitan RS mana, kunjungan ke dokter manapun selalu saya bawa.

Oia untuk selanjutnya saya berencana untuk membuat buku untuk rekam medis saya sendiri, karena saya sangat merasakan manfaatnya disiplin membawa buku untuk rekam medis saat saya hamil, dan rekam medis anak saya.

Kesehatan diri dan keluarga adalah tanggung jawab kita sendiri, sudah bukan waktunya kita hanya mengomel jika anak kita tidak cocok atas obat dari dokter X sedangkan kita tidak punya catatan. Rekam medis pribadi/ rekam medis anak juga bagus untuk melihat/ mereview perkembangan kesehatan atau tumbuh kembang.

Jadi tertarik untuk membuat, membawa, dan menyimpan rekam medis sendiri?

Leave a Reply

