Cerita Mpasi untuk Fatimah Part I (Tak Perlu Galau Menyiapkan Mpasi)


Kemarin anak saya Fatimah genap berusia 15 bulan, alhamdulillah sejauh ini makannya relatif lancar. Walau memang ada saat gerakan tutup mulut (GTM) dan gerakan lepeh melepeh makanan. Sejak mpasi perdana (6 bulan) alhamdulillah hampir 95% mpasinya homemade dan makannya relatif lahap.

Bukan karena bangga karena berhasil menyiapkan mpasi homemade yang sedang trend ibu-ibu masakini, saya menulis ini sebagai sharing bahwa menyiapkan mpasi homemade itu menyenangkan loh. Lebih repot ia (namanya juga non instan), tapi ada kepuasan yang terbayarkan dari usaha yang telah dilakukan.

Dari beberapa cerita teman, seringkali new Mom galau dan tidak yakin dengan mpasi homemade berikut sedikit tips dari saya:

  1. Mpasi instan lebih bergizi dari mpasi homemade?Ya bisa jadi bisa jadi, makanya kita berusaha menyiapkan gizi seimbang dalam mpasi, yang penting kalo saya ada karbo, sayur,buah, sama lauk.
  2. Mpasi homemade lebih mahal? Ya bisa jadi bisa jadi, tapi emangnya kita harus nyiapin lauk dengan ikan salmon, buahnya pake kiwi, sayurnya zucchini import? Ya disesuaikan budget lah masih banyak bahan makanan murah yang bergizi, dan jika ingin sekali-kali variasi bahan makanan yang mahal itu kan pakenya juga sedikit jadi ya jatohnya gak terlalu mahal juga.
  3. Makannya sedikit2? Takaran mpasi segimana yah? Nutrisnya cukup ngga, anak saya sudah cukup kenyang tidak? Ya elah jangan terlalu dipikirin berat2 deh masa kita harus terus ngitung jumlah kalori, jumlah protein berapa milligram?bubur 2 sendok berapa nutrisinya?Anak kenyang atau tidak kan anak juga punya selera makan, kalo kata buku Baby book hormati selera perut anak, kalo lagi gak mood jangan paksa dulu, coba and bujuk beberapa saat lagi. Terus soal nutrisnya apakah tercukupi?sejauh anak kita sehat dan ceria, grafik pertumbuhannya masih on the track di KMS, tumbuh kembangnya baik ya berarti insya Allahitu pertanda nutrisinya cukup. Jadi jangan mikir berat2 deh, yang ada malah bikin stress dan males nyiapin mpasi homemade

Oke segitu dari untuk kali ini, besok lusa insya Allah aka nada summary mpasinya Fatimah mulai dari 6 bulan sampai sekarang 15 bulan makannya apa aja, bagaimana mengolah dan menyiapkannya, bagaimana cara nyuapinnya, dll. Tunggu cerita selanjutnya yaa.

One thought on “Cerita Mpasi untuk Fatimah Part I (Tak Perlu Galau Menyiapkan Mpasi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s