Cerita Mpasi untuk Fatimah Part II (Sharing Menyiapkan Mpasi Oleh Ibu Bekerja tanpa Asisten Rumah Tangga)


Tidak pandai memasak?Hecticnya waktu pagi hari sebelum berangakt bekerja? Anak minta gendong dan lengket terus sama mamanya? Hais banyak sekali hal tantangan dalam menyiapkan makan untuk anak kita, telebih mpasi untuk anak kita ada beberapa pakem yang perlu kita ikuti.

Jangan patah semangat Mom, kamu tidak sendiri..banyak kok yang mengalami hal yang sama. Tapi percaya deh dengan gelora cinta (alah lebay) kita pasti bisa menyiapkan mpasi untuk anak kita. Berikut ini cara simpel (mungkin banyak yang jauh dari best practice ibu2 lain menyiapkan mpasi)

  1. Bulan pertama mpasi (6-7 bulan), Mpasi perdana saya pilih karbo , alasannya simpel saja karena makanan wajib di rumah kami adalah karbo (heu Indonesia banget). Kalo versi food combining katanya mpasi perdana bagusnya buah dulu karena gula buah itu lebih mudah dicerna, klo versi WHO katanya karbo dulu, ada lagi versi apa yg bilang sayur dulu. Dua minggu pertama, setiap hari kerja Fatimah saya buatkan bubur Gasol, alasannya ya bikinnya mudah, tak sampai 10 menit sudah siap. Ya banyak yg kontra juga dengan mpasi bubur tepung karena konon katanya kadar glutein pada tepung reltif tinggi, tapi setelah gw searching konon katanya tepung gasol ini kadar gluteinnya lebih rendah. Tapi kalo weekend saya usahakan buat bubur nasi (dengan kompor), kukus kentang, kukus sayuran dll. Selain karbo untuk buah saya seringnya memberikan pepaya (lagi2 alasannya demi kepraktisan tinggal dikerok sajikan :D)
  2. Bulan 7-12 alhamdulillah bulan kedua saya sudah punya slow cooker. Saya beli slow cooker Takahi yang paling kecil (0.7 liter). CInta banget masak pake slow cooker sangat membantu buat ibu bekerja. Sebelum tidur beras, lauk dan sayuran sudah dicuci. Ditambahkan air, jam 2 pagi saat bangun nenenin saya nyalakan slow cooker, jam 5 pagi diaduk sebentar biar gak lengket. Jam 6 slow cooker dimatikan, dan bubur langsung dipisahkan ke masing2 masing wadah, tapi tutup wadahnya setelah hilang uap panasnya. Note: sayuran bagusnya dimasukan tidak dari awal memasak karena bisa jadi overcooked, tapi karena sering kelupaan akhirnya saya pilih sayur2an yang relatif lama memasaknya jadi bisa dimasukkan dari awal bersama beras dan lauk.Oia bulan 7-8 ini buburnya masih saya saring. Bulan 9-10 bubur non saring, 11-12 udah tekstur tim (airnya dikurangi)
  3. Bulan 12-15, Lewat 12 bulan sudah boleh gula garam, dan udah boleh makanan yang sama dengan kita (kita yang nyocokin masakan anak loh :P). Ya karena sudah boleh makanan sama (table food) saya malah sempat pusing, masalahnya karena tidak ada asisten saya lebih sering membeli makanan jadi kecuali weekend. Akhirnya bulan 12-14 ini lebih sering tim dengan slow cooker dan untuk sarapannya saya selingin dengan bubur havermut, kalo weekend deh dimasakin pasta,tumis2an, sop, dll
  4. Bulan 15 ini saya sudahlebih berniat untuk memasak bagi anak. Jadi malam hari menyiapkan bahannya, pagi hari saya masak. Masaknya simpel2 aja Mom, tumis2an dengan bumbu bawang putih saja. Apa aja yang ada dikulkas itu lah menunya. Selain tumis2an saya juga menyiapkan ungkepan saat weekend jadi pas hari kerja tingga goreng sebentar. Ungkep hati ayam, daging ayam dimasak saat sabtu..pas hari kerja tinggal goreng sebentar saja.😀

Leave a Reply

