ESSAY LPDP (BAGIAN II)


Melanjutkan posting sebelumnya berikut essay kedua untuk LPDP: ESSAY PERANKU BAGI INDONESIA

IBU BEKERJA, BUMN, DAN INDONESIA

Lima tahun sudah dan masih berlanjut sampai saat ini, sayabergabung menjadi bagian di salah satu BUMN terkemuka di Indonesia, banyak dinamika dan pengalaman yang saya dapatkan. Sebelum bergabung dengan BUMN ini saya bekerja di Kantor Akuntan Publik tiga besar di dunia, ada beberapa perbedaan yang saya alami. Kultur, ritme bekerja, pola komunikasi banyak sekali perbedaannya satu sama lain. Terlepas plus minus masing-masingnya, bekerja di BUMN terdapat nilai lebih untuk bangsa ini.

Perusahaan kami adalah salah satu dari sepuluh penyumbang dividen terbesar untuk negara. Perusahaan kami sangat concern terhadap dividen, tak heran dividend pay out ratio perusahaan kami relatif tinggi , pada tahun 2013 dividend payout ratio perusahaan kami mencapai 70%. Meningkatnya dividen BUMN kepada negara (sebagai pemegang saham) berarti meningkatkan penerimaan negara.

Saya sebagai bagian dari perusahaan ini berusaha memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan dan negara.Pada awal penempatan di BUMN ini saya bergabung dengan unit Internal Audit, di unit ini saya berperan dalam proses Good Corporate Governance, dan compliance, selanjutnya saya ditempatkan di unit Strategic Investment. Di unit ini saya bergabung sejak tahun 2012 sampai dengan sekarang. Pada unit ini saya berperan terhadap pengembangan perusahaan dan pengelolaan portfolio perusahaan. Secara khusus saya terlibat dalam beberapa aksi korporasi perusahaan, aksi korporasi perusahaan ini bertujuan untuk meningkatkan value perusahaan, dan pada akhirnya memberikan peningkatan kontribusi bagi negara berupa penerimaan negara. Perusahaan kami bergerak di bidang telekomunikasi,informasi, media dan edutainment, dengan teknologi dan informasi membuat negara kita semakin maju, terhubung dengan dunia, dan akses pendidikan menjadi semakin mudah, sehingga mendukung upaya pemerintah dalam upaya mencerdaskan bangsa.

Dimasa yang akan datang saya juga berencana untuk mengajar/ menjadi dosen. Menjadi pengajar akan memberikan nilai tambah untuk diri dan sesama. Melalui mengajar ilmu tidak akan pernah terputus dan semakin berkembang. Langkah yang dapat mendukung utnuk mewujudkan rencana ini diantaranya dengan memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pasca sarjana.

Selain yang telah dipaparkan diatas, peran saya yang tidak kalah penting adalah saya sebagai seorang ibu. Ibu adalah sekolah pertama untuk putra-putrinya. Pendidikan yang baik untuk anak akan menjadi sumbangsih positif untuk bangsa. Bekerja bukanlah alasan bagi seorang ibu untuk tidak memperhatikan pendidikan anak. Walaupun pengasuhan anak, pendidikan diluar rumah dapat didelegasikan, akan tetapi tanggung jawab utama terletak pada ayah dan ibu anak. Cita-cita dan harapan seorang ibu mungkin terdengar sederhana yaitu menginginkan anak-anaknya shalih-shalihah bahagia dunia akhirat, akan tetapi hal ini penting agar generasi penerus adalah generasi yang berkualitas.

Pendidikan untuk anak saya yang masih berusia 17 bulan, di keluarga kami membiasakan untuk bercerita dan membaca buku. Penekannnya adalah bukan pada anak bisa membaca, akan tetapi nilai moral yang terkandung pada cerita tersebut. Selain membaca buku dan dongeng, kami juga membiasakan untuk membaca dan mendengarkan Al- Quran. Agama adalah tuntunan hidup, baik buruknya seseorang tidak dapat terlepas dari ketaatannya pada agama, karena agama tidak hanya tentang sholat, puasa,(bagi yang muslim), tetapi agama juga menuntun kita dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Melalui pendidikan terhadap anak saya, saya berharap Indonesia di masa yang akan datang memiliki generasi penerus yang tangguh dan bermoral. Indonesia menjadi negara yang makmur dan rakyatnya berbahagia

Leave a Reply

